Biar Disapu Ombak

Biar Disapu Ombak
Lupakan.. lalu semuanya akan selesai...

Sabtu, 09 November 2013

Sebuah catatan di Hari Pahlawan

Membuka-buka Kamus Besar Bahasa Indoesia untuk mencari tahu apa arti kata Pahlawan.  Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pahlawan berarti orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran; pejuang yang gagah berani.
Pahlawan itu adalah kata benda. Pahlawan itu ternyata berasalah dari bahasa Sansekerta. Dari kata Phala yang artinya hasil atau buah.

Jadi dapat disimpulkan Pahlawan itu adalah seseorang yang perbuatannya telah membawa hasil bagi kepentingan orang banyak. Perbuatannya memiliki pengaruh terhadap tingkah laku orang lain dan bermahnfaat bagi kepentingan masyarakat banyak. Pahlawan itu pun bermacam-macam. Ada pahlawan nasional, pahlawan revolusi, pahlawan kemerdekaan, bahkan ada pahlawan devisa, pahlawan tanpa tanda jasa, pahlawan keluarga dan juga pahlawan kesiangan.

Dalam kehidupan kita, pasti kita memiliki Pahlawan. Ada yang bilang "ayahku pahlawan ku.." atau "nenekku pahlawan ku ". Itu artinya sertiap orang bebas menentukan siapa yang menjadi pahlawan dalam hidupnya. Menurutku setiap orang yang masuk dalam kehidupan kita dan mampu menginspirasi kita mengubah kita itulah pahlawan. Bahkan dalam satu moment dimana kita merasa tak berdaya orang yang menolong kita adalah pahlawan kita. Itu artinya setiap orang yang masuk dalam kehidupan kita pasti menjadi pahlawan dalam artinya masing-masing. Sederhana saja.. saat kita sedang megendarai mobil dan ban nya kempes entah di siang hari atau malam hari, dan seseorang dengan baik hatinya menolong kita.. pasti kita akan merasa orang itu adalah pahlawan. Pemimpin sebuah demo sekalipun bisa saja disebut Pahlawan oleh para demonstran. Bukan itu saja yang membuat blogspot inipun juga pahlawan, yang membuat facebook, tweeter, path pasti menjadi masuk sebagai pahlawan juga dalam kehidupan kita. Bukankah setiap pahlawan juga mempunyai harinya masing-masing? Hari Kartini kita mengenang ibu Kartini, hari Kemerdekaan kita mengenang para Proklamator. Saat berbicara guru kita akan ingat Pahlawan Tanpa tanda Jasa. Saat berbicara TKI kita akan ingat Pahlawan devisa.
Jadi disetiap sesi hidup kita pasti ada pahlawannya masing-masing.

Hari ini Hari Pahlawan. Dalam hidup kita pasti terisi oleh semangat-semangat orang disekitar kita yang menginspirasi kita.. menyemangati kita. Bahkan anak kita sekalipun adalah pahlawan buat kita..karenanya kita semangat untuk berbuat yang terbaik. Pasangan hidup kita walau mungkin sedang dlm kondisi sakit sekalipun dia pun pahlawan dlm hidup kita..karenanya kita belajar ikhlas, menerima dan bersyukur. Orang tua kita terutama.. beliau adalah pahlawan yg luar biasa yg menuntun kita hingga bisa spt skrg ini, begitu juga semua guru-guru dan dosen-dosen kita. Kakak dan adik kita juga pasti pahlawan dalam hidup kita.. dengannya kita tak pernah kesepian.. dengannya kita bisa berdebat apa saja bahkan bisa juga diam beberapa saat. Temàn sahabat yang baik dan yang sedang tidak baik semua adalah pahlawan .. karenanya kita belajar berbagi dan menahan diri.. Tim kita di kantor juga pahlawan dalam hidup kita, tanpa mereka kita bukan siapa-siapa di kantor, tanpa mereka tak kan pernah kita dapat pujian atas hasil kinerja kita. Mbak kita di rumah yang membantu segala hal urusan pasti bisa kita sebut pahlawan, bukankah tanpanya kita sulit untuk berbuat banyak. Mahasiswa atau murid kita.. juga menjadi pahlawan dalam hidup kita.. merekalah yang menginspirasi dan menyemangati kita serta karena merekalah ilmu di kepala kita tak pernah hilang bahkan terus bertambah. Bahkan setiap orang yg kita temui entah itu sekedar hanya numpang lewat ataupun karena kita berguru padanya beberapa saat.. itu semua pahlawan.. karenanya kita tahu bahwa kita tak bisa hidup sendiri bahwa kita juga perlu disemangati diinspirasi oleh orang lain. 

Terima kasih untuk semua Pahlawan yang telah membuat Indonesia hebat dan yang telah menginspirasi menyemangati mengisi menghangatkan kehidupanku.. Terima kasih.. #sebuahcacatandiharipahlawan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar