Biar Disapu Ombak

Biar Disapu Ombak
Lupakan.. lalu semuanya akan selesai...

Kamis, 13 Maret 2014

Bank Perkreditan Rakyat (BPR) SETORI.. cerita sedih di hari Rabu..

Saat rapat dengan teman-teman panitia Seminar, tiba-tiba muncul ide untuk mendokumentasikan pendapat masyarakat tentang BPR. Awalnya saya agak takut-takut juga, seumur-umur belum pernah saya shooting di jalanan, paling-paling videoin kegiatan putri-putri saya atau tingkah laku Yo. Belum lagi membayangkan ditolak-tolak sama masyarakat karena males ditanya-tanya, apalagi kalo disangkain saya ini sales kartu kredit.. wah makasih deh. 
Tapi demi mendapatkan bukti bahwa memang masih banyak masyarakat yang belum dikenal BPR akhirnya ya saya jalankan juga ide saya itu. Kan sudah biasa..siapa yang punya ide dialah yang harus mengeksekusi.

Akhirnya tiba lah hari petualangan itu...

Pagi-pagi sudah hujan deras.. mas Abdu yang janji mau bantu saya batal berangkat, karena gak mau kameranya basah. Dia baru mau jalan kalo udah gak ujan. Ih parah banget ini orang. Hujan pun juga ikut-ikutan bikin sesek.. sampai jam 9 nggak reda-reda juga. Saat hujan reda aku tagih janji mas Abdu.. tunggu ditunggu gak muncul-mundul juga..  Ah sudahlah aku jalan saja duluan.. kapan lagi.

Akhirnya dengan ditemani oleh Ali.. dengan handycam di tangan mulailah kami mencari mangsa. Setelah lihat situasi dan kondisi akhirnya diputuskan untuk mewawancarai bapak-bapak yang menjaga counter HP. Ya ampun susahnya ya membujuk orang. Tu bapak udah ketakutan, dia bilang dia gak mau ngutang.. ih apa iya muka saya ini muka nawarin utang apa ya.. belum-belum udah curiga begitu. Pokoknya itu bapak menolak abis-abisan. Beginilah nasib wartawan amatiran. Buat dapat narasumber susahnya setengah mati.

Tapi gak boleh putus asa..

Mencari target lagi.. kayaknya yang punya warung solo ni mau baik hati, masak kenal masih nolak juga sih.. akhirnya tanpa berat-berat membujuk ibu yang sudah tua itu mau untuk menjadi bintang film dadakan.
Tiba-tiba si Abdu muncul dengan kamera besarnya.. begitu melihat kamera besar.. mulailah orang-orang disekitar situ menjadi seolah-oleh mupeng untuk ditanya-tanya. Dari TV mana mas.. wahh mau di shooting ni.. Supaya gak bohong kami jawab aja Media BPR.. oh itu TV juga ya.. hahaha..diem aja deh daripada entar malah kebanyakan bohong.. tapi dalam hati sih amin-amin aja.. ya sapa tahu kan Media BPR besok punya Stasiun TV.
Ternyata gak rugi nih manggil si Mas Abdu dengan kamera gedenya. Nih kayak begini kameranya. Sepertinya sih udah rada jadul ya.. karena masih pake kaset.. tapi gak tahu deh... yang penting kayak wartawan aja...

Setelah dengan mudahnya mendapatkan mangsa di Jakarta, sasaran berlanjut ke Bekasi Timur.. kenapa kesana.. karena disana BPR mudah sekali di temui.. pengen tahu gimana pendapat masyarakat yang ada di Bekasi Tmur.

Akhirnya dapatlah satu lokasi yang banyak pengusaha Mikronya. Dan pas berdekatan sekali dengan BPR IntiDana... saya sebut ajalah ya namanya... Semuanya seperti nya lagi pada sibuk, akhirnya terpilihlah satu salon yang berada disitu. Salon kecil. Nah ternyata yang punya ini bikin bingung manggilnya.. dipanggil tante bukan tante..dipanggil om kok kayak tante.. kita panggil aja deh si Posito..ya.. soalnya mbak eh mas Posito ini sering banget ngomong soal Posito.. tau gak posito apaan... itu lo deposito. Gelang cincinya seabreg-abreg.. pake celana pendek nan seksi pula. Pak Jajang temenku yang menyusul ke lokasi, sibuk foto-foto aku pikir dia memotret aku yang sedang nanya-nanya.. nggak tahunya malah motret mama eh papa Posito. Sepeti yang udah-udah ditanya sebelumnya.. tahunya bank BRI, BNI.. begitu ditanya BPR kagak tahu.. BPR tau gak singkatan apaan ntar kita kasih hadiah deh.. iiihhh apa yaaaaaa... Bank Persatuan Rakyat.. ihhh gak tauuu ah... 
Dideket sini ada gak BPR... nggak ada.. nggak ada.. nah looo.. padahal di sebelahnya ada BPR IntiDana. Wah jangan-jangan tetangga ku juga gak tahu kalo sebelahnya BPR juga ya...

Selesai mendengarkan soal Depositonya mama eh papa Posito, pas keluar muncul anak-anak SMP.. mulailah kita bertanya.. dari tiga anak itu gak satupun yang tahu BPR. Ya oke lah masih SMP. Nabung dimana dek... di ibu guru.. tahu bank gak dek.. nggak tahu.. kan nabungnya di ibu guru. Wokelah kalo begitu...

Di deket situ ada bengkel.. nah siapa tahu ni pinjem ma BPR.. setelah ngomong ngalor ngidul.. bertanyalah soal BPR.. nggak tahu juga.. ih gimana.. disebelahnya ada BPR kok ga tahu sih ya.. BPR itu singkatan apaan yaaaa... eh apaan.. ih kok malah nanya ma temennya. Di deket sini ada BPR nggak pak.. nggak ada.. adanya di Tambun.. yeee ni gimana.. BPR bagus dan tulisannya segede gajah gitu ya gak liat. Yuk pak ikut saya.. di depan situ ada BPR.. nggak ah.. ntar saya liat sendiri aja..
Ya sudah lah.. cap cus lah kami dari sana dengan hati rada-rada miris... petualangan belum selesai,, pasti masih adalah yang tahu...

Pak Jajang membawa kami ke arah pasar Modern di deket Grand Wisata. Di depan Mac Donald (tulisannya gimana sih..kok jadi error gini) ada segerombolan tukang ojek. Siapa tahu ni tukang ojek ada yang pinjem or nabung di BPR. Melihat kamera besar, dari tiga tukang ojek yang lagi ngaso..berdatanganlah orang yang lewat.. hahaha kayak apaan aja ni kita.. itulah berkah kamera gede ini..
Wah masuk TV.. masuk TV.. ih.. siapa juga yang bilang kita ini dari Stasiun TV..  Setelah nanya ngalor ngidul akhirnya sampailah pada sesi penting..  BPR apaan hayooo.. ohhh itu Badan Penyuluhan Rakyat... huuuuaaaaaa..nangis bombai deh kita. Entah kenapa tiba-tiba pertanyaan nyelonong ke LPS.. emang gak pernah liat iklan TV tentang LPS ya... Kita sibuk ngojek buuu.. kalo nonton paling nonton YKS.. Ada yang nabung gak disini.. istri saya bu nabung...nabung dimana pak.. gak tau tu dimana.. dibukunya sih ada tulisannya Kreo Lestari.. menurut bapak itu Bank Umum apa BPR.. Wah gak tahu saya bu kan yang nabung istri saya.. ih puyeng juga niiii... Jauh amat pak nabungnya .. jauh gimana bu.. itu lo bu ada di pasar Modern.. 

Akhirnya.. petualangan berlanjut dengan ngubek-ngubek pasar Modern dengan harapan ketemu nasabah BPR atau paling gak orang yang tahu BPR. Ternyata oh ternyata... 
Sebelum nanya-nanya kami nyoto dan nyate dulu karena jam sudah menunjukkan jam makan siang. Pas makan ada ibu-ibu nawarin obat pelangsing badan.. hmmm mentang-mentang aku jumbo ya.. ternyata obat pelangsing itu pernah aku minum dan bukan menambah langing tapi menambah langsung. Maap ya bu.. begitu kataku.. sambil dilanjutkan dalam hati.. udah gak minat kurus bu..

Selesai nyoto dan nyate.. kami iseng-iseng nanya kasir di warung ini. Jawabannya ya gitu deh.. nggak tahu nggak tahu dan nggak tahu.. bahkan ada bpr disitu apa nggak juga nggak tahu. Tetep semangat. Ketemu 3 bapak-bapak.. waaah kayaknya ini pasti tahu.. Tahu BPR pak.. Bank Perkreditan Rakyat.. waah senyum langsung mengembang disetiap muka kami.. akhirnyaaaa. Disini ada BPR pak.. waah nggak ada.. adanya di Lombok.. wuaaa jauh amat yak.. Di Madiun juga ada jawab yang satunya.. Emang disini gak ada pak.. Nggak ada.. oh oh oh.. ya udah deh.. makasih.

Jangan putus asa.. sudah ada titik terang.. secercah harapan.. yuk sekarang nanya yang menengah atas.. Masuk toko bagus.. Nggak mau ditanya-tanya.. takut KPK katanya... haahh.. jauh amat ya.. Setelah bilang makasih langsung cus ke tengah-tengah pasar.. 

Ternyata dari 5 orang yang ditanya di los tengah itu.. 1 tahu BPR Kreo Lestari tapi gak merasa perlu untuk mencoba, 2 nasabah BPR Kreo Lestari yang senang dengan ATM nya Kreo Lestari.. Angkat Telpon Mlayuu.. seneng kalo nabung dijemput uangnya, 2 lagi gak tahu kalo ada BPR Kreo Lestari dan mnurutnya gak pernah ada tu staff BPR itu nawarin sesuatu.. 
Yaa lumayan kan... 3 dari 5 mengenal BPR artinya 3/5 artinya 75% ya.. coba diitung lagi deh pake kalkulator bener gak 75%.

Terus pendapat masyarakat tentang LPS di BPR bagaimana.. kalo bank umum saya yakin kalo di jamin.. tapi kalo BPR saya kurang yakin.. Yuk mari kita nangis bareng-bareng...

Ditulis lagi saat hujan deras.. kilat menyambar-nyambar.. (heran kenapa setiap nulis BPR ko pasti jadi ujan deres ya... seperti hatiku yang lagi nangis).. gimana yaaa cara ngenalin BPR.. wong LPS aja yang udah sering muncul di TV aja masih banyak yang gak tahu... jadi di TV itu juga ga jaminan... Laluuuuu... apa ya yang harus kita lakukan.. ngenalin BPR sendiri aja susah ke tetangga apalagi nasional.. Ini sebuah PR yang harus dicari jawabnya.... 

https://www.youtube.com/watch?v=sC-8GxEbzxI



Tidak ada komentar:

Posting Komentar