Biar Disapu Ombak

Biar Disapu Ombak
Lupakan.. lalu semuanya akan selesai...

Selasa, 12 Juli 2011

Tanah itu emang bikin ribet..tapi kalau gak pake jaminan lebih ribet lagi

Ternyata kadang ber "prinsip hati-hati" sering membuat kita jadi kehilangan nasabah. Tapi kalau tidak hati-hati juga takut. Karena kalau sudah berdebat dan flashback ke belakang (namanya juga flashback..mana ada sih yang ke depan.. lebay de bahasanya), survey membuktikan nasabah yang pinjaman pertama or kedua or ketiga lancar..gak menjamin pinjaman-pinjaman berikutnya bakalan lancar pembayarannya. Nah ini yang bikin repot.

Pernah terjadi seorang nasabah.. ya pemuka lah dikampungnya.. sebelumnya selalu punya trackrecord yang baik.. saking baiknya sampai ketika jaminan ditukar dengan yang kurang baik pun kami masih mengangguk-angguk kan kepala.. kan yang penting usahanya baik dan pembayarannya lancar.. jaminan itu kan hanya untuk membackup saja.. ok lah kalau begitu. Namun ternyata sama sekali tak diduga.. ternyata nasabah itu kabur ke dunia antah berantah.. dan setelah akan dieksekusi jaminannya..ternyata telah dihanyutkan oleh air sungai... aaahhh tragis..

Akhirnya sekarang semuanya menjadi super ketat. Beda nama saja sekarang sudah menjadi masalah. Mulanya memang di BPN nya juga bermasalah. Cuman meletakkan satu huruf saja salah.. maka harus diperbaiki.. huruf i terganti y.. kalau tak sama dengan KTP..maka harus diganti juga.. ihhh ribet. Harus cocok KTP..cocok kartu keluarga.. cocok surat nikah. Pusing.

Belum lagi harus mencocokkan dengan baik lokasi tanah.. Rumah di sekitar kantor itu tak ada yang mempunyai nomor. Cuman tertulis RT dan RW saja.. bayangkan bagaimana sulitnya mengira-ngira..benar atau tidak ini rumahnya.. kalau ada nama jalannya nah itu lumayan.. kita jadi gak salah-salah banget.. tapi kalo sudah terjepit diantara rerumahan dan masuknya pun lewat rumah tetangga bisa dibayangkan bagaimana ribetnya mengira-ngira.

Pernah waktu itu..posisi rumahnya tertukar.. yang dijaminkan sebenarnya rumah yang jelek..tapi yang ditunjukkan rumah yang bagus yang ada di sampingnya. Astaga..tega banget itu nasabah.
Nah itu masalah letak tanah...
Ada yang lebih parah lagi.. kebenaran pemilik tanah. Wah disini ini banyak mafia.. kadang orangnya sudah meninggal..KTP nya masih bisa terbit..dan fotonya diganti dengan foto yang lain..tanda tangan pun juga diganti..

Makanya kalau survey jangan bareng nasabah..mendingan nyasar-nyasar mencari sendiri..dijamin banyak rahasia yang terkuak.
Belum lagi masalah istri. Rata-rata disini pasti punya istri lebih dari satu..akhirnya di perjanjian kredit pun disiasati.. agar tak ada tragedi istri lebih dari satu.
Beberapa tahun yang lalu pernah.. yang diberikan KTP istri tua..tapi yang dipasang foto di KTP itu adalah istri muda berikut tanda tangan istri muda. Yang ditenteng ke kantor pun istri mudanya. Untung sebelum akad kok tiba-tiba muncul istri tuanya... marah-marah di kantor.. tapi akhirnya melunak bahkan banyak membantu.. akhirnya tidak jadi akad.
Pernah terjadi juga.. ternyata nasabah itu mempunyai saudara kembar.. nah.. ini emang parah. Yang punya tanah saudara kembarnya..yang muncul kembarannya..yang tanda tangan pas akad kembarannya.. mabok mabok deh urusannya. Tapi bersyukur walaupun penuh lika liku mampu terselesaikan dengan baik dan terbayar..

Nah itu yang berhubungan dengan tanah.. sekarang yang berhubungan dengan motor. Nah ini juga banyak ceritanya. Berdasarkan survey.. ternyata kalau motornya itu pakai nama orang lain dan ada bukti kwitansinya..itu resiko macetnya lebih besar. Makanya biar kata kredit lagi susah dilempar..kalau nama gak sama kita terpaksa diam seribu bahasa saja. Percuma juga minta nama diganti..gak jaminan. Kemudian kalau tinggal dengan orang tua.. kelihatannya aman ya karena tinggal dengan orang tua.. begitu anaknya kabur kita berharap orang tuanya mau membantu untuk membayar.. nah ini jarang terjadi, biasanya ortunya bilang "cari aja motornya neng... bapak juga gak tahu motornya ada dimana...jangankan motor..anak bapak juga gak jelas ada dimana..." .. nah apa gak sedih dengernya. Beda dengan tanah.. kalau tahu rumahnya mau di eksekusi..dengan segala daya upaya dicoba untuk dibayar...apalagi kalau ditempati oleh orangtuanya..dijamin aman...tapi kalau tanah kosong..."bantuin jualin deh neng..buat bayar utang..".

Belum lagi soal eksekusi motor... kalo gak punya mental baja AO nya jangan harap deh bisa bawa motor ke kantor. Kadang godaan satu bulan angsuran di bayar saja suka bikin AO klepek-klepek... mending mereka terima uang satu bulan angsuran daripada otot-ototan narik motor..apalagi kalo nasabahnya sangar.
Belum lagi ada nasabah yang senang "teriak maling" saat motor di ambil.. kayak kasus di kantor sebelah. Sampai harus berurusan dengan polisi..
Makanya gak heran kemarin pernah kejadian sebuah kantor diserbu orang gara-gara menghentikan dan mengambil motor di tengah jalan.. padahal kan dalam perjanjian itu sudah jelas.. tapi ya gitu deh.. kadang saat dibacakan isi perjanjian kan nasabah suka ngangguk-angguk aja, dan duduknya kayak gak nempel di kursi..kayak dah gak sabar.. jadi gak mendalami isi perjanjian. Begitu ada masalah..suka paling kenceng teriaknya .. "kemarin gak dikasih tahu..." akhirnya terpaksa dipasang tulisan gede-gede di ruang akad.. BACALAH ISI PERJANJIAN SEBELUM DI TANDATANGANI.. MENANDATANGANI PERJANJIAN ARTINYA MENYETUJUI... ampunnn.. sampe paranoid begitu...

Nah kalo ngomong soal penandatanganan perjanjian jadi inget soal tanda tangan. Banyak sekali KTP-KTP itu yang menandatangani itu orang yang membuat KTP atau orang kantor Desa. "Ibu.. kenapa tanda tangannya berbeda..." ..lalu dijawab.. "itu bukan tanda tangan saya ibuuuu..itu tanda tangan pak RT.." huaaaaaaa... "lalu tanda tangan ibu seperti apa...???" lalu dijawab dengan muka unyu.. (unyu ya bukan ungu..kalo gak ngerti tanya anaknya yang ABG deh).. "saya mah gak bisa tanda tangan ibuuuu...". Astajib.... Akhirnya terpaksa meminta nasabah untuk meniru tanda tangan tersebut.. kalau sukses.. bagus..kalau gak sukses ini yang repot.. akhirnya terpaksa buat surat pernyataan.. bahwa tanda tangan nya dia bla bla bla... plus terpaksa meminta cap jempol. Akhirnya SOP ini suka kebablasan..suka kepakai ke nasabah yang intelek..yang berpendidikan.. yang tanda tangannya udah ribet banget... nah habislah dikomentari oleh nasabah bahwa terlalu lebayyyyyy...
Belum lagi kalau ada salah satu nasabah yang tanda tangan itu buta huruf.. aduh.. usaha bagus..jaminan bagus..tapi buta huruf..bagaimana coba... terpaksa deh anaknya ikut tanda tangan.

Apalagi tidak pakai jaminan...wahhhh...cerita pahitnya lebih banyak dari pada cerita manisnya..

Kalau ingat itu semua rasanya kadang pengen tertawa mentertawakan kebodohan sendiri ..kadang pengen mengakhiri urusan dibidang perkreditan... tapi inikan amanah dari ibu.. mana berani aku mengakhirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar