Biar Disapu Ombak

Biar Disapu Ombak
Lupakan.. lalu semuanya akan selesai...

Sabtu, 08 Oktober 2011

Aku hanya bisa menerangkan demikian..

Satu kebahagiaan tersendiri.. tulisan-tulisan di Blog banyak dibaca..dan beberapa mengirimkan email, sms dan inbox. DSA, brain wash.. memang membuat kita penasaran.. aku bukan dokter..aku hanya orang awam.. aku hanya seorang istri yang ingin mencari jawaban yang pasti untuk kebaikan suamiku..

Aku hanya bisa menerangkan demikian..
DSA itu ternyata hanya memeriksa pembuluh darah..
Jadi bukan sebuah pengobatan... jadi memeriksa dengan memasukkan kateter... ya seperti memeriksa jantung lah kalo mau dipasang ring atau mau diapakan.. kurang lebih gambarannya seperti itu. Kenapa DSA bisa jadi brain wash ya...
Tapi kenapa jadi banyak orang senang di DSA ya.. padahal itu kan hanya memeriksa pembuluh darah..
Kalau sudah pakai tambahan DSA tombolisis nah itu artinya sudah dimasukkan heparin kata dokter syaraf sih itu obat untuk membersihkan penyumbatan-penyumbatan dan harganya sangat murah.

Kalau kondisinya memang tak ada pilihan.. mungkin aku tak akan tanya-tanya lagi.. seperti saat Yo harus dibuka batok kepalanya..untuk dikeluarkan darah yang menggenangi otaknya. Aku tak pernah bertanya untuk apa..kenapa..aku pasrah saja.. aku hanya ingin dia sehat kembali,
Aku tak bertanya efek samping.. aku tak bertanya apa hasilnya.. aku percaya penuh..
walau akhirnya aku harus kecewa ketika dokter mengatakan..tindakan operasi tadi hanya untuk mengeluarkan darah yang menggenangi otak saja..tapi tak bisa mengembalikan semuanya. Ibarat bangunan yang runtuh.. aku harus menatanya kembali... membangunnnya kembali.

Lalu disaat sekarang..
aku punya waktu untuk berpikir..
aku punya waktu untuk bertanya..
aku punya waktu untuk mencari tahu..

kenapa aku harus percaya penuh pada dokter.. aku harus tahu secara jelas... dan kata adikku bahwa seorang dokter dianggap jelas menerangkan pasiennya jika pasiennya mampu menjelaskan lagi apa yang telah dijelaskan oleh dokternya...

Bertanya adalah hak kita... bertanyalah...
Jangan bertanya pada satu dokter saja..
Memang kadang hasilnya menjadikan kita bingung
tapi ini juga menjadikan kita lebih mengerti..terutama terhadap resiko..

Ada beberapa email masuk.. ada beberapa yang sms ada beberapa yang bertanya...
Aku hanya bisa menerangkan demikian..
DSA itu hanyalah bentuk pemeriksaan... diperiksa..
tapi kalau sudah ada tambahan istilah yang lainnya tanyakanlah..dimasukkan obat apa dan apa resikonya..
Juga tanyakan kateter yang kemungkinan digunakan...
Aku hanya tak ingin kita semua salah kaprah..
Aku sendiri masih bingung apakah ingin melanjutkan atau tidak...
Aku tak siap menanggung resikonya...
Aku tak sanggup melihat Yo kecewa...
Tapi aku juga tak mau jika tak berusaha maksimal...
Aku ingin yang terbaik untuk Yo..
tapi aku tak mau kehilangan semua pencapaian yang luar biasa ini...

Bapa.. aku bingung..
Bapa.. pimpin aku..
Bapa.. aku berserah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar