Biar Disapu Ombak

Biar Disapu Ombak
Lupakan.. lalu semuanya akan selesai...

Minggu, 22 Januari 2012

Sesuatu yang Luar Biasa...











Komunikasi adalah keterampilan paling penting dalam hidup. 
Kita menghabiskan sebagian besar jam bangun kita untuk berkomunikasi. (Steven R. Covey)


Awalnya ini hanya kerinduan agar seluruh karyawan di kantorku mampu mempresentasikan semua produk yang ada di kantor. Setiap briefing pagi pasti selalu terjadi 4L.. lu lagi lu gi. Tak ada yang mau memimpin doa atau briefing pagi, semua saling tunjuk. Dan akhirnya muncullah 4L.

Dan terbukti para 4L ini tak terlalu grogi saat maju kedepan, berbeda dengan yang menunjuk-nunjuk.

Pelatihan ini awalnya dipenuhi dengan tanda tanya. Untuk apaan sih, emang kita mau presentasi dimana, emang kita mau ngomong sama siapa. Kenapa juga kita harus mempelajari seluruh produk. Kenapa juga kita harus bisa mempresentasikan.

Akhirnya saat pelatihan dimulai, mulailah tangan dingin semua, kepala menggeleng saat ditunjuk, tangan menandakan untuk dimulai dari yang lain, mondar mandir ke toilet menjadi hal yang biasa.

Saat semuanya sudah mencair, saat mereka telah mempelajari polanya, saat mereka telah mencoba satu persatu..mereka baru menyadari bahwa setelah mempunyai pola semuanya terasa mudah. Dari bagaimana membuat presentasi yang baik, bagaimana mempuat power opening, membuat connector, main body bahkan menutupnya dengan power closing. Akhirnya semua bersemangat untuk memenangkan dirinya dan juga teamnya. Mereka semangat memahami produk, semangat membuat power point yang baik dan semangat untuk maju ke depan...bahkan mereka menjadi kreatif menciptakan kalimat-kalimat yang menantang...yang biasanya saat meeting susah sekali untuk keluar.

Pemahaman produk bukan hanya konsumsi karyawan yang berhubungan dengan nasabah, tapi semua karyawan wajib mengetahuinya. Dipelatihan inilah semua sadar bahwa pemahaman produknya masih terbatas, terbukti sulit untuk merangkai kata-kata yang menjual, terbukti sulit untuk meyakinkan pendengar, dan meyakinkan nasabah untuk segera mengambil keputusan.

Memahami produk juga tak jadi jaminan bahwa mampu mengkomunikasikan. Pemahaman produk yang baik harus dilengkapi dengan kemampuan berkomunikasi yang baik. Kita harus mampu menjelaskan dengan baik kepada nasabah baik hanya satu orang maupun banyak orang.

Komunikasi baik, produk mengerti dengan baik..tapi kalau penampilan kita meragukan, ini juga akan mempersulit kita berhubungan dengan orang lain. Bagaimana kita bisa pede berdiri di depan banyak orang jika baju kita tak rapi, rambut kita berantakan, atau jangan-jangan kantong baju kita terkena tetesan tinta. Rapi itukan tidak indentik dengan mahal,

Semua ini memerlukan jam terbang, semua ini kuncinya hanya di latihan latihan dan latihan. Semua akan sia-sia jika tidak dilatih. Akhirnya semua kembali lagi kepada kita. Apakah kita mau memegang komitmen kita untuk terus berlatih. Karena sertifikat hanya menjadi selembar sertifikat jika tak pernah digunakan dalam kegiatan hidup kita sehari-hari.

Pelatihan hari ini memang luar biasa...
Sesuatu yang dikonsep sesuai dengan keperluan memang bisa menghasilkan dampak yang luar biasa.
Tak ada yang mengeluh selama dua hari ini, bahkan pikiran-pikiran kreatif begitu mudahnya keluar..
Aku bersyukur bertemu dengan teman-teman trainer yang mau mencari tahu semua kebutuhanku akan training ini dan mendengar masukan-masukan dariku. Bahkan teman-teman trainerku begitu terbuka menerima masukan-masukan dariku dan membuat semua permainan yang ada sesuai dengan materi yang disampaikan. Dan karena begitu antusiasnya seluruh karyawan untuk memenangkan timnya, terciptalah lomba yang melenceng dari rencana semula, lomba yang lebih berat dan membutuhkan pemikiran-pemikiran kreatif... dan ternyata semua karyawan mampu melakukannya. Pemikiran dari banyak kepala yang keluar begitu saja mampu menghasilkan hal-hal yang luar biasa.
Kadang sesuatu itu memang sulit diduga... apalagi sesuatu yang luar biasa..

Aku puas sekali dengan kerja keras teman-teman Trainer ku yang ingin memenuhi semua keinginanku.. dan harapanku.... Aku berharap seluruh karyawanku mau berlatih berlatih dan berlatih dalam setiap moment dalam setiap pekerjaannya. Semoga...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar