Biar Disapu Ombak

Biar Disapu Ombak
Lupakan.. lalu semuanya akan selesai...

Sabtu, 26 April 2014

JANGAN SAMPAI TERSANGKUT..

Kalau saya menulis tentang yang sedikit nyangkut-nyangkut legalitas hukum saat ini, bukan karena saya sebagai seorang Pakar atau ahli hukum.. saya hanya menuliskan dari apa yang saya alami dan saya amati selama saya melayani pelaku UMKM di BPR tempat saya bekerja.
Saya akan menuliskan urut berdasarkan persyaratan kredit yang biasanya diminta oleh Bank.

KTP = Kartu Tanda Penduduk
Ini bukti kalau kita tercatat sebagai penduduk.
Semua juga tahu apa itu KTP ya.. tidak perlu juga dikasih kepanjangannya. Tapi banyak lho yang mengabaikan dan mengecek tanggal berlakunya KTP. Saat mau buka tabungan pas kami minta KTPnya ternyata sudah habis masa berlakunya. Lebih parah lagi kalau lagi kepepet modal dan KTP nya sudah habis masa berlakunya..terpaksa deh ditunda sampai KTP nya selesai. Apalagi urusan KTP hilang..nah lebih puyeng lagi. Tapi juga saking takut hitang, KTP disimpan di safedeposit atau lemari di rumah dan kemana-kemana yang dibawa fotocopy atau scannya.. begitu saat akad kredit diminta KTP nya oleh notaris ternyata ada di rumah tak terbawa atau lebih gawat lagi di safedeposit di bank.. alhasil akad ditunda sampai bisa menunjukkan KTP asli.
Ini barusan urusan KTP .. udah mengganggu banget saat mau bertransaksi. So.. coba cek KTP nya.. jangan-jangan udah abis dari kapan tahu.. atau jangan-jangan dah gak ada di dompet.

Kalau tadi fisik KTP nya sekarang kita cek apa aja yang ketulis di KTP.
Apakah yang tertulis di KTP kita, sudah benar semuanya, dari nama, tanggal lahir, alamat dan semua yang tertera disitu. Apakah nama dan tanggal lahir di KTP sama dengan di akta kelahiran, kartu keluarga dan surat nikah kita, dan terumata di bukti kepemilikan assets, seperti sertifikat dan BPKB. Kadang-kadang yang beginian suka gak diperhatikan. Juga di Ijasah kita, harusnya ya sama semua. Nah coba cek dulu ya..

Sekarang soal tanda tangan di KTP.
Dulu jamannya belum e-KTP, saya suka dibikin pusing sama pemohon kredit dan para penabung. Begitu saya cek tanda tangan nya beda dengan KTP, tentu saja saya bertanya.. kok beda bu.. iyaaa.. saya tu ga bisa tanda tangan.. itu yang tanda tangan pak kades. Nah...
Saya gak tahu apa jaman e-KTP pak Kades ini masih bantuin tanda tangan juga. Atau jangan-jangan sidik jarinya pun pakai sidik jari pak kades dan sekdes. olalala.
Jangan menyepelekan urusan tanda tangan deh. Saya aja gak merasa tanda tangan berganti, diminta oleh teller bank umum yang baru bekerja beberapa hari di bank umum untuk tanda tangan persis sperti yang ada di Specimen tanda tangan. Salut juga sih sama ekstra hati-hatinya teller baru ini..walaupun dalam hati dongkol setengah mati. Tetapi sesama bankir kan harus saling menghargai. Ya sudahlah.. terpaksa deh saya belajar tanda tangan saya sendiri.. demi bisa menarik uang saya sendiri.

Kartu Keluarga
Kartu keluarga ini juga suka gak diperhatikan. Begitu terima langsung masuk lemari. Cek dulu dong Nama kita dan seluruh anggota keluarga dah bener belum. Tanggal lahirnya, perhatikan juga. Pendidikannya, dan hal-hal lainnya. Beda dikit aja nama dan tanggal lahir..notaris sebelum pengikatan kredit suka meminta kita untuk mengurus surat keterangan mengenai perbedaan itu.
KTP dan kartu keluarga ya alamat nya yang sama lah.. masak KTP nya dimana, kartu keluarganya nya alamatnya dimana.

Surat Nikah or Surat Cerai
Ini juga suka bikin pusing. Ada yang gak punya surat nikah. Ada yang cuman punya surat dari gereja saja tapi catatan sipilnya tidak ada. Surat nikah ini penting. Jika sudah ada simpanlah baik-baik. Jika belum punya cobalah untuk diurus.
Begitu juga dengan yang mau menikah, nanti buatlah surat nikah sampai tuntas. Cek yang tertulis disana pastikan sama dengan KTP.
Begitu juga dengan surat cerai. Ini juga sama penting nya. Jika cerai uruslah sampai selesai. Jangan menggantung masalah. Karena saat mengajukan kredit di bank status anda harus benar-benar jelas.

Nah itu baru yang nyangkut diri sendiri. Sekarang gimana yang menyangkut ke bukti kepemilikan agunan..???
Agunan yang umumnya diterima oleh bank adalah agunan tanah beserta bangunan dengan bukti kepemilikan nya bernama "Sertifikat" bisa Sertifikat Hak Milik atau sertifikat HGB.
Tapi ini juga suka bikin masalah pada saat mengajukan kredit di Bank. Dari nama, tgl lahir, alamat yang salah penulisan sampai HGB yang ternyata habis masa berlakunya. Jadi kalau habis ngurus coba deh cek dulu ya sebelum dimasukin ke lemari. Yang ngurus kan manusia juga.. gak luput dari salah.
Begitu juga BPKB.. ya luangkan waktulah sedikit untuk cek no rangka no mesin etc etc lah yang ada disitu. Cocokin sama STNK sama fisiknya juga. STNK kalo pajaknya dan batas waktu nya udah abis ya dibayarlah, diperpanjang. Jangan baru diperpanjang karena mau pinjam ke bank.
Begitu juga PBB.. ya dibayarlah daripada di denda. Masak bank harus motong dari jumlah kredit yang diterima untuk membayar kewajiban ini.
IMB.. Ijin Mendirikan Bangunan. ini juga penting. Masak kita bangun rumah dengan dana yang besar tak punya IMB. Tapi ya begitulah.. rasaya rada sulit saya menemukan rumah di kampung tempat BPR saya beroperasi yang punya IMB.

Sering juga saya temui soal jual beli yang belum kelar. Motor udah dibayar lunas tapi gak dibalik nama. Sehingga nama pemilik sudah tidak sesuai. Rumah sudah dibayar lunas tapi belum diurus jual beli nya cuman percaya sama kwitansi aja. Saat saya tanya "bapak gak takut ini belum dibalik nama".. eh calon nasabahnya cuman ketawa aja sambil ngomong "ngapain takut bu.. kan udah saya pake..udah saya bawa kemana-mana motornya.." kalau rumah bilangnya "ngapain takut bu kan udah kita tempatin..". Polos-polos banget ya.
Tapi nanti rasain deh.. kalo yang jual rumah udah pindah ke daerah lain dan gak kelacak.. gimana coba nasib sertifikatnya yang blm balik nama. Kalau gak yang jual meninggal dan ahli warisnya pura-pura gak tahu atau bener-bener gak tahu kalo udah ada transaksi jual beli.
Jadi kalo jual beli selesaikanlah sampe tuntas. Jangan menunggu-nunggu lagi.. Jangan sampai kita kesangkut masalah. Jangan terlalu yakin bahwa yang jual itu selalu baik, dan gak bakalan pindah kemana-mana. Kalau kita mengurus sekarang kan pasti pajaknya lebih murah, tapi kalo kita pending pasti pajaknya tambah besar dan banyak masalah yg mungkin bisa terjadi.
Jadi yang belum balik nama ayo balik nama.


Sekarang soal persyaratan yang menyangkut badan usaha.. tapi nanti aja deh.. saya tulis dalam lembaran tersendiri..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar