Biar Disapu Ombak

Biar Disapu Ombak
Lupakan.. lalu semuanya akan selesai...

Jumat, 01 April 2011

Janganlah kita membuat tim kita menderita, tingkatkan komunikasi kita ..

Membaca buku John C. Maxwell hari ini membuat saya merenung mengenai masalah komunikasi. Saya melihat betapa pentingnya seorang pemimpin untuk dapat terhubung dengan baik dengan semua anggota tim. Namun kadang kala acapkali kita temui seorang pemimpin mengabaikan beberapa orang atau bahkan mengeluarkan mereka dari lingkaran komunikasinya. Atau acapkali kita sering temui seorang pemimpin mengisolasi dirinya dari orang lain dengan alasan agar lebih produktif. Jika sebagai pemimpin yang berada dalam tim, tetapi tidak berkomunikasi dengan seluruh anggota tim, maka tim kita akan menderita.

Janganlah kita membuat tim kita menderita, tingkatkan komunikasi kita ..

Menurut John C. Maxwell kita perlu berterusterang. Komunikasi yang terbuka akan memupuk kepercayaan. Janganlah kita memiliki agenda tersembunyi, berkomunikasi dengan orang-orang melalui pihak ketiga, atau menutup-nutupi sesuatu. Itu semua akan merugikan tim. Jika ada hubungan yang buruk dengan seseorang dalam anggota tim, dan jika kita belum pernah berterus terang dengan seseorang tersebut, cobalah bicara dengan jujur sesuai kenyataan dan lakukan dengan ramah.

Jika kita adalah orang yang sering memilih untuk mendiamkan persoalan dan menghindar untuk membicarakan hal yang menjadi masalah, paksakan diri kita untuk mengikuti aturan 24 jam. Jika kita mempunyai masalah, segeralah selesaikan dalam kesempatan pertama, dan ajak tim kita untuk melakukan hal yang sama.

Sering diantara kita sering menimbun informasi untuk diri sendiri. Sertakan orang lain. Komunikasi yang terbuka akan meningkatkan kepercayaan, kepercayaan meningkatkan kepemelikan, dan kepemilikan meningkatkan partisipasi.

Jadi mulai hari ini dengan komunikasi yang efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar