Biar Disapu Ombak

Biar Disapu Ombak
Lupakan.. lalu semuanya akan selesai...

Selasa, 09 Agustus 2011

Belajar dari Ki Hajar Dewantara...

Ini sebuah postingan lama.. kemarin kucatat di catatan Facebook, aku sedang memindahkan tulisan-tulisanku ke dalam blog pribadiku.


Belajar dari Ki Hajar Dewantara...
oleh Riwandari Juniasti Ismaja Purnama pada 02 Mei 2011 jam 22:23

Ingat KI Hajar Dewantara.. ingat Taman Siswa.. Ingat Taman Siswa.. saya pasti teringat pada ayah saya.. Ayah saya adalah guru yang baik.. tak banyak bicara.. tapi banyak hal yang dilakukannya.. Jarang memerintah .. tapi lebih banyak memberikan contoh. Perbincangan dengannya selalu menarik dan saat memperhatikannya angan saya pasti melayang kemana-mana... Ayah saya banyak menginspirasi kehidupan saya.. tapi sayang sulit sekali bertindak seperti ayah saya.



Sebagai seorang guru yang pernah mengajar di Taman Siswa, Ayah sering bicara soal Ki Hajar Dewantara.. soal Tut wuri handayani, dan saya sangat melihat kehidupan ayah saya selalu mengikuti semboyan ini. Dan semboyan ini saya rasakan tidak hanya pas untuk guru..tapi juga pas untuk menjadi semboyan para pemimpin.



Semboyan Tut Wuri Handayani itu aslinya adalah ing ngarso sung tulado, ing madyo mangun karso dan tut wuri handayani.. apakah artnya..? Ing ngarso sung tulodo.. seorang pemimpin itu harus bisa memberikan teladan atau contoh tindakan yang baik. Ing Madyo mangun karso..pemimpin itu berada diantara anggota timnya.. pemimpin harus bisa menciptakan prakarsa dan ide-ide. Tut wuri handayani.. pemimpin itu mengikuti saja dari belakang.. cukup memberikan dorongan dan arahan.



Sudahkah kita belajar dari Ki Hajar Dewantara.. sudahkah kita jadi pemimpin yang memberikan teladan..yang memberikan dorongan dan pemimpin yang menginspirasi..???? Pemimpin yang mampu menciptakan pemimpin-pemimpin yang berkualitas.. dan mempercayainya untuk melanjutkan kepemimpinannya...



Selamat Hari Pendidikan Nasional...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar