Biar Disapu Ombak

Biar Disapu Ombak
Lupakan.. lalu semuanya akan selesai...

Selasa, 09 Agustus 2011

Penyebab jatuh bangunnya kepemimpinan adalah KOMUNIKASI...

Aku menyenangi tulisan John C. Maxwell tentang komunikasi. Aku senang menuliskan kembali dalam catatan di FB ku. Ini salah satunya.

Instrumen Kepemimpinan adalah Komunikasi... Penyebab jatuh bangunnya kepemimpinan adalah KOMUNIKASI...
oleh Riwandari Juniasti Ismaja Purnama pada 30 April 2011 jam 22:19

John W. Gardner berkata.."Jika saya harus menyebut instrumen kepemimpinan serba guna, jawaban saya KOMUNIKASI" Jika kita pernah membaca buku John C. Maxwell jelas bahwa ia percaya bahwa penyebab jatuh bangunnya segala sesuatu adalah kepemimpinan, namun yang belum disebutkan bahwa penyebab jatuh bangunnya kepemimpinan adalah KOMUNIKASI. Saat memimpin TIM, jadikan standar di bawah ini sebagai pedoman ketika berkomunikasi dengan anggota TIM:



1. TETAPLAH KONSISTEN

Anggota TIM selalu frustasi pada pemimpin yang tidak mampu membuat keputusan.Anggota TIM harus yakin bahwa mereka bisa mengandalkan diri dan ucapan kita.

2. BERKOMUNIKASILAH DENGAN JELAS

TIM tidak akan dapat melaksanakan rencana kita jika tidak tahu apa yang kita inginkan.Jangan coba-coba kita menyilaukan siapapun dengan kecerdasan kita. Buatlah orang terkesan dengan kejujuran kita,

3. JAGALAH KESOPANAN

Setiap orang layak diperlakukan dengan santun..apapun posisi orang itu dan bagaimanapun riwayat kita dengan nya. Dengan bersikap sopan terhadap anggota TIM, kita membawa keselarasan bagi organisasi secara keseluruhan.



Jangan lupa, karena kita seorang pemimpin, komunikasi kita harus bisa menciptakan keselarasan interaksi antara para anggota TIM. Tim senantiasa mencerminkan kepemimpinannya. Jangan lupa bahwa komunikasi yang baik bukanlah komunikasi satu arah. Komunikasi tidak boleh bersifat top down dan bergaya diktator. Pemimpin yang baik akan mendengar, mengajak dan mendorong partisipasi anggota tim.



Apakah komunikasi kita dapat menciptakan keselarasan dengan orang-orang yang kita pimpin???



The 17 Insputable laws of teamwork.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar