Biar Disapu Ombak

Biar Disapu Ombak
Lupakan.. lalu semuanya akan selesai...

Minggu, 21 Agustus 2011

Ini Baru Potongan-potongan dari buku Leadership in Action tulisan Subarto Zaini


Kuambil dari bab Selamat Berjuang Indonesia

Ternyata akar masalah di negeri ini adalah Kepemimpinan. Untuk semua ranah.. ekonomi, politik bahkan olah raga sekalipun problemnya adalah di Kepemimpinan. Kita tidak memiliki pemimpin yang berkualitas, bermoral dan memiliki semangat pengabdian. Lihat saja seorang koruptor masih ingin bertahan memimpin organisasi olah raga.

Indonesia membutuhkan pemimpin. Namun pemimpin yang harus memiliki semangat pengabdian. Jika ingin mengabdi pasti mau berkomitmen. Dengan komitmen maka akan melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan sepenuh hati. Orientasinya sudah "what can I Contribute".

Pemimpin yang dibutuhkan juga harus pemimpin yang bermoral dan memiliki etika performa yang tinggi. Bukan hanya punya semangat tapi yakin ia mampu. Ia mau mempertaruhkan nama dan masa depannya demi sebuah tujuan. Dan apabila gagal menjalankan amanah, secara ksatria mau mengundurkan diri.

Dan Pemimpin yang amanah adalah yang mampu melaksanakan ajaran kepemimpinan Ki Hajar Dewantara. Di depan memberikan teladan, ditengah memberikan bimbingan, dibelakang memberikan dorongan.

Bisakah kita menjaring pemimpin yang seperti itu. Bisa tapi bukan dari stok pemimpin yang ada sekarang. Tapi dari generasi muda. Regenerasi kepemimpinan mutlak harus dilakukan. Untuk menyelamatkan bangsa ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar